KA. KWARCAB TEBO KUKUHKAN PENGURUS PRAMUKA SUMAY
KA. KWARCAB TEBO KUKUHKAN PENGURUS PRAMUKA SUMAY
KA. KWARCAB TEBO KUKUHKAN PENGURUS PRAMUKA SUMAY

KA. KWARCAB TEBO KUKUHKAN PENGURUS PRAMUKA SUMAY

TELUK SINGKAWANG - Bertempat di Aula Kantor Camat Sumay, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tebo Nazar Efendi, SE. M. Si, melantik dan mengukuhkan pengurus Majelis Pembimbing Ranting, pengurus Kwartir Ranting dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Sumay masa bakti 2019-2022, Jum’at 6 September 2019.

 

Dalam sambutanya beliau menyampaikan ” Gerakan Pramuka adalah sebuah Gerakan yang ditugaskan oleh negara untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan di Indonesia. Oleh sebab itu, dalam menyelenggarakan tugas pokok pendidikan kepramukaan, organisasi Kwartir sangat strategis mengingat fungsinya sebagai pengendali administrasi dan operasional pendidikan kepramukaan dalam suatu wilayah ” tuturnya. 

 

Oleh karena itu, lanjutnya ” Berkaitan dengan pelaksanaan fungsi kwartir sebagai pengendali administrasi dan operasional di wilayahnya, maka diperlukan sinergisitas antara Kwartir Cabang dan Kwartir Ranting dalam jajarannya sehingga dalam melaksanakan fungsi pembinaan organisasi serta manajemen dapat tercapai ” paparnya.

 

Ketua Kwarcab Pramuka Tebo yang juga sebagai Kepala Badan Keuangan Daerah (BAKEUDA) Kabupaten Tebo, mengharapkan kepada pengurus kwarran yang sudah dilantik supaya melakukan kosolidasi dengan camat selaku Kamabiran, dalam melakukan kegiatan kepramukaan dan harus melibatkan semua pihak yang terkait.

 

“Kwartir Ranting adalah lembaga kepemimpinan kolektif di tingkat kecamatan yang dipimpin seorang ketua yang dalam menjalankan tugas dan kewajibannya, bertanggungjawab kepada Musyawarah Ranting, Kepada kakak-kakak pengurus yang telah dikukuhkan agar menjalankan amanah Musyawarah Ranting” tegasnya.

 

Dikatakan, menjadi pengurus Gerakan Pramuka merupakan kerja pengabdian. Untuk bisa mengabdi dengan baik harus dilandasi dengan sikap ikhlas. (yudha)